To stop or not to stop? :)

Monday, January 6, 2014

Jadi, setelah berpikir panjang lebar, pada akhir November 2013 kemarin saya dengan seenak jidatnya melenggang kangkung meninggalkan perusahaan tempat saya bekerja selama 2 bulan.

Sebenernya, sih, setelah kira-kira kerja di tempat itu selama sebulan, saya udah ngerasa ga sreg dan langsung mau siap-siap resign. Hal ini pun saya utarakan ke temen-temen sekantor saya. Mereka pada awalnya, sih, menyarankan agar saya tetap di situ. Memang, sih, kalo dipikir-pikir sayang banget kalau saya keluar dari situ. Tempat saya bekerja itu adalah sebuah bank swasta Jepang di bilangan Sudirman. Gaji pokok saya sih ga besar, tapi..... overtime allowance saya itu, lho... bisa lebih besar dari gaji pokok saya. Salam sebulan saya bisa dapat 2-2,5x gaji. Lumayan banget untuk saya yang fresh graduate dan sama sekali buta tentang perbankan. Ditambah lagi jaminan kesehatannya juga oke, belom lagi fasilitas kantor yang kalo dibandingin sama kantor lain, ya enak banget (dining room beserta kulkas dan microwave yang bebas dipake siapa aja, mobil kantor yang setia mengantar sampe depan rumah kalo lembur, dll). Saya pun sempet goyah sama hal-hal di atas. Ditambah lagi, kalo saya keluar kesannya saya ga tahu diri banget, karena banyak temen-temen seangkatan saya yang sampai saat saya mengetik entry ini pun, belum berhasil mendapatkan pekerjaan.



Namun, setelah coba jalanin lagi, ternyata emang saya ga tahan sama kerjaannya. Dan akhirnya, di suatu pagi yang cerah, dengan hati dag-dig-dug duer saya pun lapor mau resign ke unit head saya. Langsung, deh, si Ibu Pengawas lemes. Dan, saya berhasil membuat geger satu unit (dan di sinilah saya sadar bahwa kekuatan gosip orang Indonesia itu oke berat). Langsung orang-orang menginterogasi saya, baik secara langsung maupun via telepon kantor. Dan puncaknya, pas sore hari saya diajak bicara empat mata langsung sama department head HR kantor saya. Waow. Intinya mereka membujuk saya supaya ga keluar dari kantor itu, karena tenaga saya (baca: kemampuan Bahasa Jepang saya) sangat dibutuhkan di kantor itu. Tapi apa mau dikata, saya pun akhirnya tetap keluar juga (walaupun sempet ketahan seminggu).

Banyak orang yang menyayangkan keputusan saya keluar dari kantor tersebut. ga sedikit yang rada nyinyir dengan keputusan saya itu. Emang, sih, setelah dipikir-pikir, rada gila juga saya berani keluar dari kantor itu. Tapi ga sedikit juga, kok, yang mendukung keputusan saya itu. Setelah saya jelasin ke mereka kenapa saya memilih keluar, mereka ngerti (atau berusaha ngerti?) kenapa saya mengambil keputusan itu.

Saya adalah tipe orang yang kalo udah ga suka sesuatu, pasti langsung ngungkapin ketidaksukaan itu dengan terang-terangan. Susahhhhhh banget buat saya untuk pura-pura suka sesuatu. Makanya, begitu saya ngerasa saya ga suka kerjaan saya sekarang, ya udah saya keluar. Sesimpel dan segampang itu saya mengambil keputusan. Iya, emang saya kesannya ga berpikir panjang. Iya, saya memang orangnya impulsif. Tapi kalau memang ga suka, mau gimana lagi? Shouganai deshou? 

Sekarang saya masih cari-cari kerjaan yang (saya rasa) cocok sama saya. Setelah dipikir-pikir, ketika saya nerima pekerjaan di bank itu, sepertinya saya terlalu terburu-buru untuk jadi 'orang kerja'. Tuntutan dari sekeliling saya membuat saya mengambil keputusan dengan tergesa-gesa. Ditambah lagi perasaan insecure sebagai lulusan baru yang takut ga dapet kerja. Dan setelah dipikir-pikir sekarang, kok, bego, ya saya nurutin ekspektasi orang-orang yang bahkan ngasih saya makan buat bertahan hidup aja ga. Bahkan orang tua saya aja sebenernya ga nuntut saya supaya cepet-cepet dapet kerja. Jadi kesimpulannya, emang saya aja yang bego hahaha

Buat temen-temen yang baru aja lulus, jangan terlalu tergesa-gesa untuk ngambil keputusan, ya. Take it easy, lagian yang jalanin kan lo sendiri. It's your own life, jadi jangan biarkan orang lain ngedikte pilihan lo. Tapi harap diingat juga kalo ternyata pilihan itu ga berujung positif, ya jangan salahin orang lain. Sekali lagi, it's your own life. You reap what you sow. But never let mistakes turn you down. Jadiin kegagalan sebagai pelajaran, dan motivasi untuk lebih hebat lagi :) Klise? Emang. Tapi percaya deh, segala sesuatunya ya emang tergantung diri kita sendiri. Jangan gampang kemakan sama omongan orang.

You are the one who knows what's best for yourself. 


See you next entry! :)



0 comments: